Jawa Tengah Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019

Admin ITW
Sumber: Kemendikbud

Yogyakarta, Kemendikbud — Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih gelar juara umum pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2010 dengan membawa pulang piala dari 22 bidang keahlian yang dilombakan. Beberapa bidang lomba yang berhasil dimenangkan Provinsi Jawa Tengah di antaranya Juara I Auto Body Repair (SMKN 2 Salatiga), Juara 1 Automobile Technology (SMKN 3 Kendal), dan Joinery (SMKN 2 Kebumen).

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud, M Bakrun, berpesan agar para peserta terus semangat dalam mengembangkan potensi mereka. “Saya ucapkan selamat kepada para siswa-siswi yang telah berprestasi, kalian semua telah mempersembahkan potensi terbaik kalian, kalian semua adalah juara, karena tidak mudah untuk sampai pada tingkat nasional ini. Teruslah berprestasi dan menjadi kebanggan orang tua, nusa dan bangsa,’’ ungkapnya saat memberikan sambutan pada acara penutupan LKS 2019 di Sleman City Hall, DI Yogyakarta, Jumat (12/7/2019) malam.

Ia menambahkan, jumlah peserta LKS SMK pada tahun ini bertambah di semua bidang lomba keikutsertaan dibanding tahun lalu. Selain itu terdapat dua bidang lomba yang diikuti oleh seluruh provinsi (34 provinsi), yaitu IT Network Systems Administration dan Electrical Instalation.

Bakrun juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam suksesnya kegiatan tersebut. ‘’Terima kasih kepada pemerintah DI Yogyakarta yang telah menjadi tuan rumah yang baik, juga kepada Universitas Negeri Yogyakarta yang telah menyediakan fasilitas untuk tempat lomba dan segenap panitia serta seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan LKS 2019,” ujarnya.

Kontingen Jawa Tengah berhasil merebut 11 dari 32 emas yang diperebutkan dalam LKS SMK 2019. Kebanggaan atas prestasi dari kontingen Jawa Tengah juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumetri. “Alhamdulillah, ini merupakan kerja keras dari pembimbing dan anak anak serta para kepala sekolah. Hasil ini adalah untuk mereka sendiri dan sebagai pemicu lebih baik lagi di masa  depan,” ungkapnya.

Pelaksanaan LKS SMK 2019 digelar pada tanggal 7-13 Juli 2019 di empat tempat, yaitu Jogja Expo Center, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMKN 6 Yogyakarta, dan di Hotel Grand Dafam. Kegiatan yang diselenggarakan bagi siswa SMK seluruh Indonesia ini melombakan total 32 bidang dan diikuti oleh 759 siswa SMK dari 34 provinsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

LKS SMK XXVII Mencoba Jawab Tantangan Siswa SMK yang Kian Berat

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama PT Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar Lomba KompetensiSiswa SMK (LKS) tingkat Nasional XXVII. Acara digelar pada 7-13 Juli 2019 di Jogja Exhibition Center, Yogyakarta dan mengambil tema “Kompeten Menyongsong Industri 4.0”. Dari 32 bidang lomba, Kawan Lama […]