15 Ribu Peserta Marakkan Erlangga Talent Week 2019

Admin ITW


E
rlangga Talent Week (ETW) 2019 kembali hadir menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum.

Berbeda dengan tahun lalu, penyelenggaraan ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW yang berlangsung 1-4 Oktober 2019 di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan acara puncak acaranya akan berlangsung 5-6 Oktober 2019 di Ciputra Artpreneur Theater. Dalam event ini, Penerbit Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga (SOGA).

Ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam ETW 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

Acara Road to ETW terdiri atas babak penyisihan dan semi final lomba. Hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW ini. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019.

Sementara itu, untuk menambah gaung pelaksanaan kegiatan Road to ETW dan Erlangga Talent Week 2019 diadakan talkshow dengan tema “Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan dan Mengasah Bakat Anak Generasi Z”. Pembicara yang hadir Arief Subahagiyo, Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga; Christian Sugiono, public figure; Rama Nidji, musisi, Vera Itabiliana, psikolog anak remaja; Pitut Aprilia, Ketua Persatuan Orangtua Murid dan Guru SMP Labschool Kebayoran; Tabitha Anya, juara nasional Erlangga English Speech Contest 2018.

“Generasi Z saat ini dihadapkan oleh banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Pada kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya. Di sini kami ingin membuka kesempatan dan wadah itu yakni melalui penyelenggaraan Erlangga Talent Week,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan mengikuti event ini diharapkan dapat melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi generasi Z. Acara ETW 2019 juga merupakan ajang untuk melatih mental dan belajar untuk fokus pada tujuan dan konsistensi. Melalui event ini diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang, dan bisa belajar dari kegagalan. Selain itu diharapkan dapat membantu para generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri.

Sementara itu, Vera menyebutkan kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z. Di sisi lain teknologi digital sendiri sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat. Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat mereka dan menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata.

Arief menambahkan, dalam kegiatan ETW tahun ini Penerbit Erlangga khusus berkolaborasi dengan SOGA, sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga. Kolaborasi ini merupakan wujud cita-cita perusahaan agar tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas melainkan juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia baik di bidang olah raga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

“Erlangga Talent Week telah memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, di antaranya semakin luasnya jaringan rekanan Erlangga, serta munculnya para duta bakat dari para finalis dan pemenang lomba ETW 2018 yang menjadi duta bakat kami,” ungkapnya. Ia menjelaskan ETW 2019 memfokuskan pada peningkatan jumlah partisipan baik lomba, sponsor, maupun media partner. “Kami ingin peserta lomba ini berasal dari setiap pelosok Indonesia. Di tahun 2019 peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Untuk menambah wawasan masyarakat, terutama siswa, guru, dan orang tua, pada tanggal 5 Oktober 2019 di ETW 2019 akan diadakan acara seminar Menjadi Remaja Berprestasi dan Berkarakter Tangguh. Acara ini menghadirkan bintang tamu bertalenta dan berprestasi tinggi, yaitu Liliyana Natsir (Juara Dunia dan Peraih Medali Emas Bulu Tangkis Olimpiade 2016), Hanifah Yudani K. (peraih medali emas Pencak Silat Asian Games 2018), Joshua Suherman (aktor dan komika), Sandrina Azzahra (penari dan juara 1 Indonesia Mencari Bakat 2013). Mereka semua hadir untuk berbagi cerita dan pengalaman suksesnya.

ETW 2019 merupakan penyelenggaraan kali ketujuh sejak tahun 2009. Tahun 2009 diselenggarakan di Mal Pejaten Village, tahun 2010 dan 2011 di Cilandak Town Square (dengan nama Erlangga Family Fair); tahun 2016 di Mal One Belpark, tahun 2017 di Mal Kota Kasablanka (dengan nama Erlangga Back to School), dan tahun 2018 di Mal Kuningan City (dengan nama Erlangga Talent Week).

“Untuk ETW 2019 dirangkai dengan berbagai macam acara-acara menarik yaitu dalam bentuk lomba (speech contest, traditional dance, modern choir, dan battle of the band), seminar dan talkshow bersama pakar dan selebritas, pameran buku dan alat tulis, dan acara hiburan dengan bintang tamu idola generasi Z saat in,” ungkap Arief.

Sumber: Swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Erlangga Talent Week 2019 Berhasil Jaring 15 Ribu Peserta

Secara tak langsung, saat ini generasi Z dihadapkan banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Sayangnya, pada kenyataannya, generasi Z Indonesia terkadang kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya. Belum lagi, kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z. Di sisi lain […]