Erlangga Talent Week Gali Bakat Generasi Z

Admin ITW

Erlangga Talent Week Gali Bakat Generasi Z

Erlangga Talent Week (ETW) 2019 kembali hadir sebagai ajang asah bakat generasi Z di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, pada 1-6 Oktober 2019. ETW 2019 akan menghadirkan kembali berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan, referensi belajar, dan literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum.

Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga, Arief Subahagiyo, menyatakan, berbeda dengan tahun lalu, penyelenggaraan ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW pada 1-4 Oktober 2019, sedangkan acara puncak ETW pada 5-6 Oktober 2019. Ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam Erlangga Talent Week 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

“Acara Road to ETW terdiri atas babak penyisihan dan semi final lomba. Hampir 15.000 siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW ini. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019,” ungkap Arief Subahagiyo, di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Arief menambahkan, generasi Z saat ini dihadapkan oleh banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Pada kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya. Selain itu, dengan mengikuti event ini diharapkan dapat melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi generasi Z.

“Erlangga Talent Week juga merupakan ajang untuk melatih mental dan belajar untuk fokus pada tujuan dan konsistensi. Melalui event ini diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang, dan bisa belajar dari kegagalan. Selain itu ETW diharapkan dapat membantu para generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri,” paparnya.

Arief menambahkan dalam kegiatan ETW tahun ini Penerbit Erlangga khusus berkolaborasi dengan Solidaritas Erlangga (SOGA), sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga. Kolaborasi ini merupakan wujud cita-cita perusahaan agar tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas melainkan juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia baik di bidang olah raga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

“Kami ingin peserta lomba ini berasal dari setiap pelosok Indonesia. Di tahun 2019 peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Kami sangat mengapresiasi dan berharap tahun depan akan menjangkau lebih jauh lagi hingga ke pelosok tanah air,” tandas Arief.

Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana, menyebutkan, kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z. Di sisi lain teknologi digital sendiri sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat.

“Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat mereka. Serta menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata,” jelas Vera Itabiliana.

Sumber: Beritasatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Asah Bakat Generasi Z Dengan Cara Ini

Selama ini masyarakat akrab dengan istilah generasi Milenial dan generasi Y. Namun, saat ini muncul satu generasi baru di bawahnya yaitu generasi Z yang lahir pada tahu 1995 hingga 2010. Anak-anak generasi Z ini sangat identik dengan akses Internet atau media sosial yang tinggi, akses informasi yang sangat mudah dan […]