Dekat dengan Teknologi, Yuk Kenali Bakat Anak Generasi Z

adminbts

JAKARTA, iNews.id – Orangtua yang memiliki anak tahun kelahiran 1995-2010, harus lebih peka mengenal bakat mereka sedini mungkin. Sebab, anak dengan tahun kelahiran tersebut lebih dikenal dengan generasi Z.

Biasanya, generasi Z identik dengan akses internet (media sosial) yang tinggi, akses informasi yang sangat mudah dan cepat, sehingga mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki.

Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana mengatakan, kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z. Di sisi lain, teknologi digital sendiri sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat.

“Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat dan menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata,” kata Vera Itabiliana, di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Vera, jangan sampai anak terbawa arus negatif yang mereka temukan di media sosial. Apalagi banyak tayangan vlog dan informasi dari internet yang kerap menjadi distraktor. Padahal, orangtua bisa mengarahkan bakat anak sejak usia kanak-kanak.

“Salah satunya, orangtua bisa membantu anak mengembangkan dan mengasah bakat melalui kompetisi atau kegiatan lomba. Ini ada manfaatnya,” kata Vera.

Arief Subahagiyo, selaku Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga mengatakan, generasi Z saat ini dihadapkan oleh banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Pada kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya.

“Di sini kami ingin membuka kesempatan dan wadah itu yakni melalui penyelenggaraan Erlangga Talent Week,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan mengikuti event ini diharapkan dapat melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi generasi Z, Erlangga Talent Week juga merupakan ajang untuk melatih mental dan belajar untuk fokus pada tujuan dan konsistensi.

“Melalui event ini diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang, dan bisa belajar dari kegagalan. Selain itu Erlangga Talent Week diharapkan dapat membantu para generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri,” katanya.

Arief Subahagiyo menambahkan, dalam kegiatan Erlangga Talent Week tahun ini Penerbit Erlangga khusus berkolaborasi dengan Solidaritas Erlangga (SOGA), sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga.

Kolaborasi ini merupakan wujud cita-cita perusahaan agar tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas melainkan juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia baik di bidang olah raga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

“Erlangga Talent Week telah memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, di antaranya semakin luasnya jaringan rekanan Erlangga, serta munculnya para duta bakat dari para finalis dan pemenang lomba ETW 2018 yang menjadi duta bakat kami,” kata dia.

Menurutnya, pada 2019 ini, Erlangga Talent Week memfokuskan pada peningkatan jumlah partisipan baik lomba, sponsor, maupun media partner.

“Kami ingin peserta lomba ini berasal dari setiap pelosok Indonesia. Di 2019 peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Kami sangat mengapresiasi dan berharap tahun depan akan menjangkau lebih jauh lagi hingga ke pelosok Tanah Air,” ujarnya.

Selain itu, untuk menambah wawasan masyarakat, terutama siswa, guru, dan orang tua, pada tanggal 5 Oktober 2019 di Erlangga Talent Week 2019 akan diadakan acara seminar Menjadi Remaja Berprestasi dan Berkarakter Tangguh.

Acara ini menghadirkan bintang tamu bertalenta dan berprestasi tinggi, yaitu Liliyana Natsir (Juara Dunia dan Peraih Medali Emas Bulu Tangkis Olimpiade 2016), Hanifah Yudani K. (Peraih Medali Emas Pencak Silat Asian Games 2018), Joshua Suherman (Aktor dan Komika), Sandrina Azzahra (Penari dan Juara 1 Indonesia Mencari Bakat 2013). Mereka semua hadir untuk berbagi cerita dan pengalaman suksesnya.

Event Erlangga Talent Week 2019 sudah memasuki tahun ke-7, sejak 2009. Tahun 2009 diselenggarakan di Mal Pejaten Village, tahun 2010 dan 2011 di Cilandak Town Square (dengan nama Erlangga Family Fair); tahun 2016 di Mal One Belpark, tahun 2017 di Mal Kota Kasablanka (dengan nama Erlangga Back to School), dan tahun 2018 di Mal Kuningan City (dengan nama Erlangga Talent Week).

Event Erlangga Talent Week 2019 dirangkai dengan berbagai macam acara-acara menarik yaitu dalam bentuk lomba (speech contest, traditional dance, modern choir, dan battle of the band), seminar dan talkshow bersama pakar dan selebritas, pameran buku dan alat tulis, dan acara hiburan dengan bintang tamu idola generasi Z saat ini: Rizky Febian dan Barasuara.

Sumber: iNews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

ETW 2019, Ajang Unjuk Bakat Erlangga!

Jakarta, Gontornews– Sukses terselenggara di tahun 2018 lalu, Erlangga Talent Week (ETW) 2019 kembali hadir menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum. Berbeda dengan tahun lalu, penyelenggaraan ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW yang berlangsung […]